Minggu, 22 Juli 2012

Journey In Cambodia

Saya Joko Prianto, salah satu Mahasiswa SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID JAKARTA penerima Program Beasiswa Unggulan DIKNAS BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerja sama Luar Negeri) 2010, yang sedang mengikuti program EXPERT EXCHANGE di KAMBOJA untuk pengembangan sistem Moodle dan SEA Cyberclass sistem serta sebagai trainer untuk cara pembuatan kerupuk dikomunitas muslim disini.

9 juli 201...2 jam 16.10 saya bersama tim dari seamolec yaitu Ibu Dewi Sopiah, Ibu Nursaadah, dan Ibu Umy Kurniaty serta dosen STP sahid Bpak Teguh Tri Utomo, tiba di Phnom penh international airport.

Senang dan tidak pernah terbayangkan oleh saya dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki tentang kuliner kepada orang lain terlebih diluar negeri, walau hanya ke komunitas muslim,,namun hal ini saya jadikan sebagai motivasi untuk belajar dan mengembang lagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki agar kedepan saya dapat mengajar siswa atau mahasiswa (cita-cita saya ingin menjadi guru,,^_^)

 



ini merupakan pengalaman pertama saya pergi keluar negeri untuk waktu yang lama,,berat sebenernya untuk pergi meninggalkan orang tua dan ade dirumah ,, tpi bagi saya ,HIDUP BUTUH PERJUANGAN DAN PENGORBANAN,tanpa perjuangan mungkin kita masih tetap hidup ,tapi tidak akan bisa menjadi apa yang kita inginkan,berharap dan selalu berharap, tanpa usaha tidak akan jadi APA_APA!!. seklipun itu berat harus saya lakukann dan saya yakin nantinya semua pengalaman buruk dan tidak mengenakkan akan menjadi cerita indah ketika kita dapat melewatinya nanti.
Dalam posting ini , saya ingin berterimakasih banyak kepada Bapak Kusmayadi, bapak murhadi , Ibu Neny Wahyuni dan seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Pariwisata sahid, BPKLN, Bapak A.B Susanto yang telah memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di STP Sahid, bapak Deddy Surachman & Nuryani oktapiany ,guru boga SMKN 33 JAKARTA, atas ilmu dan supportnya dibidang kuliner dan art, serta SEAMOLEC, yang telah menunjuk dan mempercayakan saya untuk menjalankan program ini, dan special thanks to BU 6 (^_^)

Minggu pertama, kami masih berlima, saya, pak teguh serta team dari SEAMOLEC ,dan minggu pertama disini kami mengadakan pertemuan dengan President National Polytechnic Institute Of Cambodia untuk merencanakan program yang akan kami jalankan,, dan stelah mengadakan beberapa pertemuan, diputuskan tugas yang diberikan untuk saya dialihkan menjadi guest lecturer untuk food and beverage faculty disini,,dan mengajarkan western cuisine, indonesian cuisine serta bahasa untuk mahasiswa/i F&B product..tak pernah saya duga,,impian saya sejak kecil perlahan kini mulai terlaksana,, dan semua ini adalah Jalan yang Allah kasih untuk menggapai impian saya melalui STP SAHID JAKARTA,
saya senang, dan bangga menjadi salah Satu Mahasiswa Program Beasiswa Unggulan DIKNAS BPKLN yang telah memberikan banyak kesempatan buat saya untuk mengembangkan skill dan knowledge yang saya miliki.

Jadi selama seminggu ini, saya dan p'teguh sudah memiliki jobdesk masing-masing, p’teguh mengajar Front office, hotel managemnt dan bahasa, team dari seamolec pun telah kembali ke indonesia sejak 13 july lalu..

Kami berdua diberi tempat tinggal di teaching hotel NPIC,, NPIC jauh banget dari kota Phnom Penh, jadinya kita gakbisa jalan-jalan kekota,,buat makan sehari-hari masak nasi sendiri dan make perbekalan yang dibawa dijakarta,,ohh iya, kita tinggal dikomunitas non muslim, jadi buat nyari makanan yang halal susahnya minta ampun dwehh,, harus belajar prihatin,,!!
Tapi untungnya head departement of cullinary faculty disini menyambut kita dengan sangat baik, namanya Thai Charrat, diajaklah kita ketempat-tempat yang kita bisa makan selama seminggu ini,
Seperti direstaurant kampus, serta di restoran kota, dan bebrapa tempat wisata.




So, dalam seminggu awal disini belum banyak aktifitas perkuliahan yang kami lakukan, aktifitas mengajar sudah mulai kami lakukan pada minggu ke2,,
tunggu postingan saya selanjutnya aja yaa buat lebih lanjutnya,,
Selamat menunaikan ibadah puasa ya semua

Tidak ada komentar: